Ban makan sebelah dan bunyi jedug saat injak kopling pada mobil RWD ( Cefiro A31)
Jangan pernah remehkan kerusakan bushing pada kaki kaki mobil walaupun bushing yang kecil sekalipun. Karena itu bisa berdampak besar dan bisa bikin kantong tekor, bayangkan gara-gara bushing kecil pada kaki kaki belakang cefiro, ban jadi makan sebelah. Harga bushing kaki kaki belakang original nissan untuk cefiro itu sama dengan bushing nissan serena c24 seharga Rp.90.000,- lumayan untuk sebuah bushing kecil. Untuk kaki kaki belakang nissan cefiro dibutuhkan 8 buah bushing untuk sebelah kiri dan 8 bushing untuk sebelah kanan. Jadi total ada 18 bushing yang diperluhkan. Harga yang lumayan untuk hanya mengganti bushing yang sudah aus.
Menimbang harga yang mahal, akhirnya memutuskan menggunakan bushing PU ( PolyUrethane ) yang berwarna orange yang tersedia dipasaran. Karena jarang yang menjual PU rod di kota saya, lebih gampang beli online saja, dapat harga sekitar 60-an ribu untuk ukuran 30mmx100mm diluar ongkir tentunya . Cukup murah jika dibanding 1 buah bushing ori bukan ?. Ukuran 30mm sudah pas dengan diameter yang dibutuhkan untuk kaki kaki cefiro, jadi tidak perlu dibubut lagi hanya perlu menambahkan bos atau bushing tengah yang bisa menggunakan bos atau bushing baut roda motor bebek tentunya harus menyesuaikan lagi untuk ukuran panjangnya. Update harga yang lebih murah bisa beli >>
disini.
Ternyata selain masalah pada bushing kaki kaki belakan yang sudah aus sehingga membuat ban belakang menjadi chamber negatif, bushing subframe yang berjumlah empat buah juga turur wasalam. Wajib ganti juga. Beli lagi PU rod ukuran yang besaran yaitu 75mm x 40cm dan tentu harus dibubut agar bisa menyesuaikan dengan kedudukan aslinya. Harga PU rod yang besar tentu lebih mahal hampir 400 ribu untuk ukuran tersebut. Bisa beli >>
disini.
Untuk pengerjaan urusan kaki kaki tentu saja diserahkan pada bengkel yang biasa menangani motuba yang ada di kota Pekanbaru yaitu Bengkel mobil Rezky auto Service bagi yang mau konsultasi bisa juga menghubungi beliau di wa 085278664853 ( sangat rekomended untuk urusan bengkel mobil terutama motuba untuk warga Pekanbaru dan sekitarnya )
|
Masuk bengkel |
Bagi saya yang suka DIY menurunkan bagian subframe cefiro tidaklah gampang. Makanya saya serahkan pada ahlinya saja dari pada saya celaka ketimpa subframe yang berat.
|
Subframe belakang nissan cefiro a31 |
|
Bushing lama dibakar saja |
|
Setelah diganti dengan bushing PU |
Ternyata bushing subframe yang telah hancur, membuat ban belakang sedikit amblas dan bunyi jeduk ketika dikendarai, hal ini terjadi karena body subframe bertemu pada body chasis mobil sehingga pada saat gardan terpelintir subframe bergerak menghantam body mobil sehingga menimbulkan bunyi jedug yang cukup keras. Selain itu pada saat dikendarai pada jalanan tidak rata seperti paving blok terasa sekali goyangan pada bodi mobil.
Mobil saya tinggal hampir seminggu di bengkel om Rezky karena pengerjaanya tentu tidak akan siap dalam waktu sehari kerja. Setelah selesai pengerjaan penggantian bushing kaki kaki dan subframe ban sudah aman tidak makan sebelah lagi setelah dites jalan 200 km. Bunyi jedug juga hilang namun ternyata penggunaan bushing PU yang lebh rigid daripada bushing bawaan mobil berdampak pada penurunan kenyamanan cefiro, tapi selama jalanannya mulus, itu tentuk tidak masalah, apalagi bushing PU terkenal dengan keawetannya.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Ban nissan cefiro a31 makan sebelah karena bushing kaki kaki aus"
Post a Comment