Apa bisa mengganti aki dengan elco atau
kapasitor ?
Sebelum tahu bisa atau tidaknya mengganti aki
dengan elco kapasitor, sebaiknya kita pahami dulu perbedaan antara kedua
penyimpan arus tersebut. Pada Aki 12v voltasenya jika dalam keadaan full charge
berada diangka 13v – 14v DC. Dan akan terus menurun secara perlahan jika
dipakai dan tidak terhubung dengan charger atau alternator mobil. Untuk
mencarge sebuah aki 12v dari kosong 0v sampai penuh 14v akan membutuhkan waktu
yang lumayan lama berkisar dari 15 menit sampai dengan 12 jam tergantung
kapasitar dari baterai aki tersebut. Berbeda dengan elco capasitor yang nyaris
instan dan biasanya voltase pada kasitor rata-rata yang dijual dipasaran untuk
arus DC hingga 80vdc – 100vdc, untuk mengisi daya pada elco kapasitor hanya
dibutuhkan waktu sekian detik dan jangan menghubungkan kutub polaritas pada
elco kapasitor untuk menghindari ledakan yang yang berbahaya. Namun jika
dipasang di mobil yang alternatornya maksimal menghasilkan 14 vdc. Maka kasitor
elco kapasitor tersebut juga akan maksimal 14vdc. Angka 80 vdc adalah voltase
DC maksimal yang dapat diterima oleh
elco kapasitor. Bisa juga membeli kapasitor siap pakai untuk digabung dengan aki mobil/motor, bisa beli disini.
Beda satuan isi dari baterai aki dan
elcokapasitor
Pada baterai aki
kapasitasnya ditulis dalam satuan Ah ( ampere Hour ) biasanya pada baterai aki
sering tertulis 70ah yang artinya baterai aki tersebut berkapasitas 70 ampere,
sedangkan pada elco kapasitor ditulis dengan satuan F ( Farad ). Tidak seperti
baterai aki yang bisa hingga ratusan AH, untuk mendapatkan kapasitor tunggal
dengan kapasitas 1 farad sangatlah sulit, 1 farad = 1.000.000 uf ( micro farad
) yang artinya jika ada 5 kapasitor masing – masing berkapasitas 200.000 uf
baru lah bisa didapat kapasitor 1 farad. Intinya angka 1 Farad itu besar
sekali. Bahkan saking besarnya, untuk membuat kapasitor jadul dengan 2 buah
lempeng tembaga, diperluhkan ukuran lembarang tembaga sebesar lapangan sepak
bola.
Kelebihan baterai aki
Baterai aki punya kelebihan utama yaitu dapat
menyimpan daya dalam waktu yang lama dan yang terpenting jika digunakan di
mobil adalah dapat menstater mobil anda untuk yang kedua atau ketiga kalinya
dan seterusnya jika gagal start pada percobaan pertama karena lama tidak
digunakan ataupun gagal start mesin awal karena alasan lain. Bandingkan dengan
menggunakan elco kapasitor, jika gagal start awal maka biasanya sudah tidak ada
energi yang cukup untuk melakukan percobaan start yang berikutnya kecuali elco
yang digunakan adalah jenis super capasitor yang mempunyai daya simpan yang
besar. Tentu harganya mahal. Dan memang ada yang sudah menggunakan super
capasitor untuk menggantikan fungsi baterai aki, tapi itu diluar Indonesia,
kondisi, suhu, dan alamnya berbeda jauh.
Kekurangan baterai aki
Selain kelebihan, tentu juga ada kekurangan,
kekurangan baterai aki yang ada sekarang dibandingkan dengan elco kapasitor ada
beberapa, pertama ukuran dan berat aki yang jauh diatas kapasitor. Pada aki yang masi
menggunakan cairan pada cellnya tentu butuh perawatan seperti penambahan air
aki secara rutin. Kecepatan charging yang jauh lebih lambat daripa elco
kapasitor. Biasanya umur baterai aki konvensioanal pun relatif lebih pendek
dari umur elco kapasitor. Fungsi baterai aki mobil
benar – benar hanya untuk menjalankan dinamo starter pada mobil. Sehingga
jarang akan menggunakan daya baterai lebih dari 50%. Menggunakan daya baterai
aki lebih dari 50% dengan sering tentu akan membuat umur aki berkurang juga
hampir setengahnya.
Kelebihan
elco kapasitor
Elco
kapasitor mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai baterai aki manapun, yaitu
kemampuan terisi penuh dalam hitungan detik. Sangat cepat, tidak seperti
baterai aki yang harus menunggu cukup lama untuk mengisi daya hingga penuh.
Dengan kelebihan ini sangat mungkin elco kapasitor dengan jenis super capasitor
dapat menggantikan kerja dari baterai aki mobil biasa baik yang mf ( maintenance
free ) yang menggunakan tipe gell pada cell baterainya ataupun yang masi
menggunakan cairan elektrolit.
Kekurangan
elco kapasitor
Karena
kelebihan elco kapasitor ada dikemampuan terisi penuh yang sangat cepat, begitu
juga dengan kekurangannya, sangat cepat untuk terkuras dayanya. Pengisian dan
pengurasannya sama – sama hampir instant, pada beberapa merek kapasitor bank
pasaran, rata – rata mereka hanya dapat memberikan delay pada sistem audio
tidak sampai 2 detik setelah arus dari aki diputus. Kekurangan lainnya adalah
ketahana terhadap suhu panas yang tinggi, resiko elco kapasitor meledak lebih
besar dari pada baterai aki konvensional.
Menggabungkan baterai aki dan elco kapasitor
Daripada bingung memutuskan untuk mengganti
aki mobil dengan elco kapasitor, kenapa tidak digabungkan saja. Tetap
menggunakan aki + elco kapasitor, tentu tidak disarankan untuk meletakan elco
kapasitor pada ruang mesin yang cukup panas, karena pada elco kapasitor
sendiri, sudah tertulis panas maksimal yang bisa di toleransi oleh elco
kapasitor itu sendiri. Rata – rata panas yang bisa ditahan oleh jenis kapasitor
yang umum dijual dipasaran adalah sekitar 80 derajat celcius. Atau tidak ingin
repot – repot, tinggal beli saja kapasitor bank yang biasa digunakan untuk
audio mobil sekalian dengan pemanasangannya. Tentu kita tidak bisa percaya
dengan angka farad yang cukup besar besar yang tertulis di kapasitor bank. Elco
kapasitor juga digunakan pada produk – produk yang diklaim dapat menghemat bbm
pada mobil. Ya kalau dibongkar produknya, hanya berisi kapasitor yang tidak
terlalu besar, atau dirasa kurang memberikan efek yang signifikan. Contoh jika
memasang elco kapasitor dc 200.000 mf pada mobil, akan terasa tarikan mobil
yang lebih enteng dikarenakan beban alternator terbantu oleh daya yang disimpan
secara cepat oleh elco kapasitor, itulah mengapa elco kapasitor dapat menghemat
pemakaian bbm dan mazda yang telah menggunakan skyactive juga menggunakan
sejenis kapasitor di mobilnya.
Lalu bagaimana jika mengganti baterai aki
dengan baterai jenis Litium ?
Saat ini penggunaan baterai jenis litium
memang sudah banyak, terutama pada mobil – mobil listrik yang tenaga utamanya
dari listrik yang tersimpan dibaterai, tentu memerluhkan daya penyimpanan yang
besar, hingga ratusan kw ( kilowatt ). Seperti mobil listrik Tesla yang ada
model produknya menggunakan baterai litium yang mampu memberikan daya hingga
100kw. Selain itu mobil listrik tidak cocok menggunakan baterai mobil biasa
dikarenakan umurnya akan jadi sangat pendek, karena untuk mobil – mobil
konvensional baterai aki hanya digunakan untuk keperluan starter mobil, setelah
mobil hidup, hampir semua kebutuhan kelistrikan di mobil di suplai oleh
alternator atau dinamo cas ( charge ). Itu mengapa aki mobil biasa tidak boleh
digunakan lebih dari 50% kapasitasnya agar umur pakainya lebih awet. Oleh
karena itu ada tipe baterai yang dapat digunakan hinga kandas dan diisi kembali
dayanya tanpa mempercepat umur pakainya seperti baterai yang banyak digunakan
pada pembangkit listrik tenaga solar, walaupun saat ini sudah bergeser dan
banyak yang menggunakan baterai jenis litium. Jika benar – benar ingin menggunakan
baterai jenis litium, sebaiknya membeli yang sudah jadi jika belum ada
pengalaman merakit baterai 18650 menjadi baterai litium mobil, karena resiko
meledak jika pengecasan pada tiap cell baterai tidak balance, dengan
menggunakan BMS.
sekarang sudah ada kapasitor 5000F ukurnanya hanya beberapa cm saja mas , gak perlu tembaga satu lapangan mas, cek di alibaba, aliexpress dan tokopedia, supar capasitor atau ultra capasitor...
ReplyDeleteSebaiknya anda memahami dulu beda capasitor atau capasitor bank dgn super capasitor hehehe
DeleteTinggal pakai.
ReplyDelete