Penjelasan
singkat mesin diesel dan perbandingan dengan mesin bensin
Harga mobil
diesel tentu lebih mahal dibanding bensin. Yang membuat varian diesel lebih
mahal dari bensin karena bahan dari mesin diesel yang lebih mahal yang
dikarenakan mesin diesel harus menggunakan bahan logam yang kuat. Tanpa
material yang kokoh, mustahil mesin itu dapat tahan sama kompresi diesel yang
amat besar. Temperatur ruang bakar mobil diesel pula jauh lebih panas. Tidak
hanya biayanya lebih mahal, mobil diesel pula pajaknya lebih besar dibanding
bensin. Perihal itu diakibatkan sebab kapasitas mesinnya pula besar.
Kelebihan mobil
diesel terdapat pada torsi alias“ tenaganya” kita analogikan dengan kegiatan
angkat beban. Semacam yang disebutkan di atas, diesel mempunyai tenaga yang
besar.
Torsi maksimum
mesin diesel didapat di RPM rendah dikarenakan mesin diesel mempunyai jarak
rentang antara posisi piston yang paling atas dan paling bawah yang lumayan
jauh. Jadi perjalanan naik turun piston diesel lebih panjang ketimbang mesin
bensin. Makanya RPM maksimum mesin diesel tidak setinggi mesin-mesin bensin
yang dapat mencapat 11.000 rpm bahkan lebih dibeberapa mesin kompetisi.
Sedangkan
karakter mesin bensin tarikan ataupun akselerasi mobil bensin lebih responsif. Karena
piston tidak naik turun dalam jarak sejauh diesel, sehingga rpm yang didapat
pun jauh lebih tinggi daripada diesel.
Bahan bakar
diesel dibakar dengan kompresi atau tekanan tinggi, sangat sulit menyalakan
solar dengan sebatang korek api, tetapi sebaliknya percikan api kecil sudah
dapat menyalakan bahan bakar bensin. Sehingga tentu resiko mobil terbakar jika
terdapat kebocoran bahan bakar bensin lebih tinggi, tetapi mesin diesel lebih
tinggi mengalami resiko diesel runway, atau mesin yang tetap menyala walau
sudah dimatikan.
Apabila mobilnya telah gunakan sistem common rail, ia cuma
dapat meminum solar dengan tingkat sulfur rendah. Alias yang dikategori Dexlite, Pertamina Dex,
Shell Diesel, serta Total Diesel. Volume solar di tangki pula wajib lebih dari
sepertiga lho, tujuannya supaya gak terjalin pengembunan di tangki BBM yang menimbulkan
penyusutan performa.
Bensin VS Diesel
Dalam
membandingkan mesin bensin dan diesel, tentu harus sebanding kubikasinya alias
sama besar cc nya. Misalnya diesel 2500cc vs bensin 2500cc baru fair. Jika
dibandingka secara fair maka tentu dari sananya mesin diesel tentu lebih irit.
Namun memilih mobil tidak meluluh harus mesin yang besar. Mesin bensin 1500cc
dengan turbo sudah bisa lebih irit dan lebih kencang daripada mesin diesel
2500cc turbo.
Berikut kami jabarkan
kelebihan serta kelemahan mobil bermesin diesel serta bensin:
Kelebihan mobil
diesel
1.
Buat
jarak tempuh yang jauh cuma memerlukan sedikit bakar, sehingga lebih efesien.
2.
Secara
universal, mesin diesel mempunyai torsi dasar lebih besar serta bermanfaat buat
pengendara di jalur off road.
3.
Dikala
berkendara di dalam hujan badai ataupun melintas di keadaan jalanan yang
banjir, tidak perlu khawatir. Karena, ruang mesin diesel tidak mempunyai komponen
eletrikal semacam distributor ataupun kabel busi.
4.
Apabila
rasio mesin bensin dibatasai oleh tekanan bensin serta hawa, pada mesin diesel
enggak dibatasi sebab yang dikompres cumalah hawa. Terus menjadi besar kompresi
mesin diesel, hingga tenaga hendak meningkat serta sistem kerja mesin kian
efektif.
5.
Mesin
diesel diketahui bandel. Apabila dirawat dengan benar, lebih panjang umurnya daripada
mesin bensin.
Kelemahan
mobil diesel
1.
Satu
kelemahan yang sangat dialami mobil diesel merupakan suara mesin yang lebih
berisik dibandingkan mesin bensin.
2.
Injektor
pada mesin diesel bila tercampur dengan air ataupun tipe partikel yang lain
sangat gampang bermasalah.
3.
Buat
akselerasi, mesinnya mempunyai reaksi lebih lelet dibanding mesin bensin.
Tetapi saat ini, pabrikan telah banyak mengaplikasi turbocharger buat
mendapatkan tenaga otomatis.
4.
Beban
pajak kendaraan bermotor diesel lebih besar dibanding mesin bensin. Sebab,
mayoritas cc mesinnya lebih besar dengan rata- rata 2. 000 cc ke atas.
5.
Harga
mobil diesel keadaan baru umumnya lebih mahal dibandingkan mesin bensin. Mobil
diesel pula mempunyai tingkatan polusi lumayan besar.
Kelebihan
mobil bensin
1.
Akselerasi
mesin jauh lebih responsif serta tingkatan polusi lebih rendah.
2.
Suara
dikala mesin dihidupkan sampai berakselerasi terdengar lebih halus.
3.
Spesifikasi
teknis mesin gampang dimengerti sampai- sampai mampu dengan gampang mengenali
indikasi di komponen mesin bila terjalin kerusakan.
4.
Opsi
mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.
Kelemahan
mobil bensin
1.
Umumnya
torsi optimal sanggup diperoleh pada tingkatan putaran mesin besar.
2.
Mesin
bensin lebih rentan terhadap air ataupun banjir, sebab banyak komponen
kelistrikan, busi, serta ECU.
3.
Karakter
olahan bakar bensin lebih gampang dibakar, ini jadi beresiko bila ada kebocoran
pada selang bensin serta tangki olahan bakar.
4.
Buat
sebagian jenis mobil tertentu, haruskan memakai olahan bakar beroktan besar di
atas 91. Bila mengenakan di dasar 91, hendak hadapi indikasi knocking dari
mesin yang berakibat menyusutnya performa mesin.
Jadi
Kesimpulannya lebih irit bensin atau diesel? Tentunya jawabanya diesel dengan
kubikasi yang sama. Tetapi jika kita hendak memilih mobil yang irit, tentu
tidak melulu mesin diesel lebih irit dari mobil bensin. Banyak plus minusnya,
tergantung pada selera masing-masing. Apalagi kebanyakan mobil diesel banyak
yang berchasis ladder frame, bukan monokok seperti mobil bensin pada umumnya.
Kecualinya bila pilihannya Toyota kijang innova reborn bensin atau diesel? Sudah
pasti pilihannya jatuh pada yang diesel. Atau memilih Mitsubishi L300 bensin
atau solar? Tentunya juga diesel agar bisa menegak solar subsidi yang masi
sangat murah. Cuan.
Belum ada tanggapan untuk "Irit mobil solar atau bensin"
Post a Comment