Mau mencari mobil tua ( motuba ) yang kuat, irit, sparepart berlimpah dari ori hingga kw super ? Maka salah satu pilihannya jatuh pada Daihatsu Taft Rocky dkk, ( taft, taft GT, Hiline ) jika anda tidak bersmasalah dengan mesin diesel. Walau diesel berisik, tapi yakinlah, ketika sudah terbiasa, tidak berisik lagi kok. Banyak yang mengatakan bahwa mesin DL41 yang terdapat pada Rocky generasi awal yang masi menggunakan per daun itu berisik karena menggunakan timing gear. Berisik atau tidak sebenarnya relatif, bagi yang sudah terbiasa dengan suara mesin diesel, maka suara mesin DL41 walau dengan timing gear, tidaklah terlalu berisik. Saya sendiri lebih menyukai timing gear karena dapat dibejek mentok tanpa khawatir timing belt cepat aus dan putus.
Untuk meredam suara mesin cukup mudah, yaitu dengan memasang peredam pada ruang mesin seperti di engine hood dan firewall, dijamin sudah menurunkan kadar kebisingan suara mesin. Jika ingin lebih senyap lagi maka bisa menambahkan karet peredam di pintu dan peredam suara di panel - panel body. Tapi kensenyapan itu tidak akan berpengaruh banyak ketika menggunakan ban offroad ( MT ) dan bertemu aspal mulus.
Soal sparepart selain part body, masih cukup melimpah dan gampang dicari, terutama part - part kw. Mulai dari part kaki - kaki hingga mesin. Kekuatan kaki - kaki Rocky yang masih menggunakan per daun tidak perlu diragukan lagi. Jika rute anda adalah jalan ganas yang jauh dari peradaban, maka sangat cocok menggunakan Daihatsu Rocky selain kaki - kaki yang kuat juga sistem 4x4nya (4WD) membuat anda tenang melintasi jalanan berlumpur sekalipun.
Mobil tua tidak mungkin tidak ada penyakitnya apalagi jika tidak terawat, maka biasanya electrical sangat butuh diperhatikan jika anda ingin meminang mobil ini. Body bagian belakang yang bisa dilepas biasanya sudah bocor disambungannya bisa diakali dengan memberi karet, ataupun sealant kualitas bagus dari produk 3M ( bukan promosi ). Selain electrical, bagian kaki-kaki juga harus diperhatikan, seperti shock breaker yang mati, bushing - bushing yang telah aus, serta seal gardan dan transmisi yang bocor karena usia. Serangan karat dan keropos juga terdapat dimobil ini, perhatikan hal ini agar tidak mengeluarkan biaya yang banyak untuk restorasi terutama jika ada bagian chasis yang retak atau keropos.
Dalam keadaan standar tanpa kunci pengamanan tambahan, mobil ini sangat mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui pengunci kaca jendelah belakang yang biasanya dibakar oleh maling untuk membobol mobil ini. Jadi sangat disarankan untuk menambah kunci pengaman rahasia agar tidak mudah dibobol.
Kekurangan lain yang harus diperhatikan karena masalah umur adalah piranti remnya. Entah sudah bawaan lahir atau memang karena faktor umur, jarak pengereman Rocky termasuk panjang, mungkin karena faktor ukuran booster rem, kampas rem, dan cakram depan yang tipis.
Performa dari mobil ini sebenarnya biasa saja, malahan termasuk lelet untuk pemakaian luar kota, tapi kalau untuk sehari-hari, sangat cukup. walau secara HP kecil, tapi torsi yang dihasilkan sudah mempuni untuk melibas jalanan berlumpur. Soal kenyamanan dan kestabilan melibas tikungan, ya boleh dibilang cukup, artinya body roll memang sangat terasa, mungkin karena mobilnya tinggi. Tetapi masi enak kok untuk menikung, asal jangan terlalu kencang, bisa terbalik. Walaupun menggunakan per daun, tapi mengedarai seekor rocky masi acceptable.
Untuk masalah perawatan pada Rocky sangat gampang, sama seperti diesel jadul pada umumnya, yang penting jangan telat mengganti oli, filter oli, dan filter solar, mesinpun siap tempur. Tampilan Rocky juga masih gagah walau termasuk mobil tua, walau aksesoris aftermarket susah didapat, tapi tenang, aksesoris fabrikasi masih ada, jadi kalau tidak ada, ya buat saja.
Konsumsi bbm mobil ini tergolong irit mengingat ini masih diesel jadul dan memiliki kubikasi diatas 2500cc. Full tank cukup untuk keperluan sehari - hari untuk dalam kota lebih dari seminggu. Harga pasaran mobil ini juga gelap, karena sudah masuk kelas kolektor untuk kondisi mulus seperti baru. Pasaran bekas mobil ini berkisar antara 40-an juta, hingga 100 jutaan, kembali lagi ke kondisi mobil tersebut, tentu dengan kondisi yang sama, Daihastu Taft Rocky yang independen tentu lebih tinggi.
Jika belum mendapatkan Rocky dengan kondisi yang diinginkan, tidak ada salahnya melirik saudaranya Daihatsu Taft GT yang tentu punya kelebihan di atap yang tidak gampang bocor karena tidak ada sambungan.
Belum ada tanggapan untuk "Motuba tangguh dan irit "
Post a Comment