Sitemaps

Sunday, June 2, 2019

Mobil Ber turbo Minum Premium

Apakah boleh mobil bensin ber turbo meminum bahan bakar premium yang beroktan RON 88


Berbeda dari mobil diesel yang menggunakan turbo pada mesinnya, yang sangat sah  menggunakan bio solar, apalagi bila belum menggunakan teknologi comonrail. Mobil berbahan bakar solar tidak menggunakan busi untuk menghasilkan daya ledak pada ruang pembakaran walau ada yang menggunakan busi panas, tapi tetap tidak bisa menyamakan busi panas dan busi pada mobil bensin. Pembakaran pada mobil diesel solar didapat dengan kompresi atau tekanan tinggi. Semakin tinggi tekanan yang dihasilkan, semakin bertenaga mesin diesel. Ukuran turbo pada mesin diesel yang berkapasitan sama dengan mesin bensin biasanya lebih kecil, karena pada dasarnya mesin diesel telah mempunyai kompresi yang cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan mobil bensin dengan turbo ?


Sah-sah saja menggunakan bahan bakan premium yang beroktan 88 pada mobil yang sudah menggunakan turbo bila mengalami hal darurat seperti tidak menemukan SPBU yang menjual bahan bakar berkualitas tinggi yang memiliki ron 92 atau 95, tetapi tentu ada syaratnya, yaitu mobil jangan di bejek alias jangan melaju dengan RPM tinggi, tapi maksimal hanya 2000 RPM dimana turbo belum spooling dan memberikan tekanan udara yang besar pada ruang bakar. Dalam keadaan turbo belum memberikan boost biasanya kompresi mobil – mobil bensin berturbo sangat rendah, karena menggunakan low compression piston. Jadi aman menggunakan bahan bakar premium beroktan 88 walau pasti gejalah lag akan sangat terasa. Sehingga pada saat turbo spooling dan memberikan pasokan aliran udara yang besar, kompresi pada mesin akan naik drastis. Jadi haram membejek mobil turbo dengan bensin premium jika ingin mesin awet.

Alasan kenapa mobil bensin yang menggunakan turbo harus menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi agar tidak terjadi knocking yang dapat merusak piston karena bahan bakar beroktan rendah akan terbakar lebih dini sebelum busi memercikan api. Piston yang masih bergerak keatas tapi sudah harus dipaksa turun karena telah terjadi ledakan di ruang pembakaran, lama – kelamaan permukaan piston dapat bolong. Nilai oktan yang tinggi membuat bahan bakar lebih tahan terhadap tekanan besar yang dihasilkan oleh turbo sehingga bahan bakar hanya akan terbakar ketika bunyi menyalah sesuai dengan derajat pengapian.

Mobil bensin yang menggunakan turbo memang lagi marak di Indonesia sekarang, tapi walau marak, terkadang yang menggunakannya kurang tahu, bahwa mobil bensin berturbo memerluhkan bahan bakar beroktan tinggi, sehingga dengan santainya mengantri di antrin premium di SPBU. Padahal mobil dengan turbo keluaran anyar alias baru tentu sudah tertempel stiker kebutuhan oktan pada tutup tangki bensinnya. Mobil dengan 2 buah turbo semisal Nissan GTR R35 memiliki stiker dengan tulisan minimal menggunakan RON 100 pada tutup tangki bensinya. Di Indonesia SPBU pada umumnya hanya memiliki bensin dengan nilai oktan ron 98. Semakin tinggi nilai oktan pada bensin, tentu semakin tahan dengan tekanan tinggi dari pasokan udara turbo dan tidak terbakar sebelum dipantik oleh busi. Sangat tidak nikmat rasanya kalau menggunakan mobil bensin yang telah menggunakan turbo tapi tidak dapat merasakan kenikmatan yang aman ketika turbo memberikan tenaga tambahan pada mesin hanya karena menenggak bahan bakar jenis premium.

mobil berturbo minum bensin premium


Pilihan mobil bensin dengan turbo sudah lumayan banyak di Indonesia, mulai dari mesin yang berkubikasi kecil seperti Ford Ecoboost 1.0 yang berkubikasi 1000cc dengan turbo, Honda CRV dan Civic Turbo 1500cc, Wuling juga sudah mulai menggunakan turbo pada line up produknya. Chevrolet Trax Turbo dengan kubikasi 1400cc. VW Golf Tsi yang menggunakan twin charger Turbo + Supercharger. Kesemua mobil – mobil diatas sah sah saja menggunakan bensin premium yang beroktan 88 kecuali VW yang biasanya akan knocking parah bila menggunakan premium. Jika keseringan darurat, tidak ada salahnya menggunakan katalis tambahan pada kendaraan agar kualitas dan nilai oktan bbm premium naik. Sudah banyak produk – produk yang beredar dipasaran, tinggal pilih sesuai dengan kantong dan selerah.


Lalu bagaimana dengan mobil yang menggunakan SUPERCHARGER apakah boleh menggunakan bahan bakar jenis premium ?

Tidak seperti turbo yang bekerja dengan memanfaatkan gas buang, supercharger sudah bekerja ketika mesin sudah hidup, karena pully supercharger diputar oleh mesin. Jadi sangat haram menggunakan bahan bakar premium di mobil yang menggunakan super charger, apa lagi mobil - mobil yang menggunakan super charger biasanya mobil - mobil mewah seperti Mercy yang ada embel - embel KOMPRESSOR diserinya. Masak pakai mercy antri premium ??




No comments:

Post a Comment