Sitemaps

Saturday, June 15, 2019

Mengganti aki mobil dengan elco kapasitor


Apa bisa mengganti aki dengan elco atau kapasitor ?



Sebelum tahu bisa atau tidaknya mengganti aki dengan elco kapasitor, sebaiknya kita pahami dulu perbedaan antara kedua penyimpan arus tersebut. Pada Aki 12v voltasenya jika dalam keadaan full charge berada diangka 13v – 14v DC. Dan akan terus menurun secara perlahan jika dipakai dan tidak terhubung dengan charger atau alternator mobil. Untuk mencarge sebuah aki 12v dari kosong 0v sampai penuh 14v akan membutuhkan waktu yang lumayan lama berkisar dari 15 menit sampai dengan 12 jam tergantung kapasitar dari baterai aki tersebut. Berbeda dengan elco capasitor yang nyaris instan dan biasanya voltase pada kasitor rata-rata yang dijual dipasaran untuk arus DC hingga 80vdc – 100vdc, untuk mengisi daya pada elco kapasitor hanya dibutuhkan waktu sekian detik dan jangan menghubungkan kutub polaritas pada elco kapasitor untuk menghindari ledakan yang yang berbahaya. Namun jika dipasang di mobil yang alternatornya maksimal menghasilkan 14 vdc. Maka kasitor elco kapasitor tersebut juga akan maksimal 14vdc. Angka 80 vdc adalah voltase DC maksimal yang dapat  diterima oleh elco kapasitor. Bisa juga membeli kapasitor siap pakai untuk digabung dengan aki mobil/motor, bisa beli disini.

accu elco capacitor battery

Beda satuan isi dari baterai aki dan elcokapasitor

Pada baterai aki kapasitasnya ditulis dalam satuan Ah ( ampere Hour ) biasanya pada baterai aki sering tertulis 70ah yang artinya baterai aki tersebut berkapasitas 70 ampere, sedangkan pada elco kapasitor ditulis dengan satuan F ( Farad ). Tidak seperti baterai aki yang bisa hingga ratusan AH, untuk mendapatkan kapasitor tunggal dengan kapasitas 1 farad sangatlah sulit, 1 farad = 1.000.000 uf ( micro farad ) yang artinya jika ada 5 kapasitor masing – masing berkapasitas 200.000 uf baru lah bisa didapat kapasitor 1 farad. Intinya angka 1 Farad itu besar sekali. Bahkan saking besarnya, untuk membuat kapasitor jadul dengan 2 buah lempeng tembaga, diperluhkan ukuran lembarang tembaga sebesar lapangan sepak bola.

Kelebihan baterai aki

Baterai aki punya kelebihan utama yaitu dapat menyimpan daya dalam waktu yang lama dan yang terpenting jika digunakan di mobil adalah dapat menstater mobil anda untuk yang kedua atau ketiga kalinya dan seterusnya jika gagal start pada percobaan pertama karena lama tidak digunakan ataupun gagal start mesin awal karena alasan lain. Bandingkan dengan menggunakan elco kapasitor, jika gagal start awal maka biasanya sudah tidak ada energi yang cukup untuk melakukan percobaan start yang berikutnya kecuali elco yang digunakan adalah jenis super capasitor yang mempunyai daya simpan yang besar. Tentu harganya mahal. Dan memang ada yang sudah menggunakan super capasitor untuk menggantikan fungsi baterai aki, tapi itu diluar Indonesia, kondisi, suhu, dan alamnya berbeda jauh.

 Kekurangan baterai aki

Selain kelebihan, tentu juga ada kekurangan, kekurangan baterai aki yang ada sekarang dibandingkan dengan elco kapasitor ada beberapa, pertama ukuran dan berat aki yang jauh diatas kapasitor. Pada aki yang masi menggunakan cairan pada cellnya tentu butuh perawatan seperti penambahan air aki secara rutin. Kecepatan charging yang jauh lebih lambat daripa elco kapasitor. Biasanya umur baterai aki konvensioanal pun relatif lebih pendek dari umur elco kapasitor. Fungsi baterai aki mobil benar – benar hanya untuk menjalankan dinamo starter pada mobil. Sehingga jarang akan menggunakan daya baterai lebih dari 50%. Menggunakan daya baterai aki lebih dari 50% dengan sering tentu akan membuat umur aki berkurang juga hampir setengahnya.

Kelebihan elco kapasitor

Elco kapasitor mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai baterai aki manapun, yaitu kemampuan terisi penuh dalam hitungan detik. Sangat cepat, tidak seperti baterai aki yang harus menunggu cukup lama untuk mengisi daya hingga penuh. Dengan kelebihan ini sangat mungkin elco kapasitor dengan jenis super capasitor dapat menggantikan kerja dari baterai aki mobil biasa baik yang mf ( maintenance free ) yang menggunakan tipe gell pada cell baterainya ataupun yang masi menggunakan cairan elektrolit.

Kekurangan elco kapasitor

Karena kelebihan elco kapasitor ada dikemampuan terisi penuh yang sangat cepat, begitu juga dengan kekurangannya, sangat cepat untuk terkuras dayanya. Pengisian dan pengurasannya sama – sama hampir instant, pada beberapa merek kapasitor bank pasaran, rata – rata mereka hanya dapat memberikan delay pada sistem audio tidak sampai 2 detik setelah arus dari aki diputus. Kekurangan lainnya adalah ketahana terhadap suhu panas yang tinggi, resiko elco kapasitor meledak lebih besar dari pada baterai aki konvensional.

Menggabungkan baterai aki dan elco kapasitor

Daripada bingung memutuskan untuk mengganti aki mobil dengan elco kapasitor, kenapa tidak digabungkan saja. Tetap menggunakan aki + elco kapasitor, tentu tidak disarankan untuk meletakan elco kapasitor pada ruang mesin yang cukup panas, karena pada elco kapasitor sendiri, sudah tertulis panas maksimal yang bisa di toleransi oleh elco kapasitor itu sendiri. Rata – rata panas yang bisa ditahan oleh jenis kapasitor yang umum dijual dipasaran adalah sekitar 80 derajat celcius. Atau tidak ingin repot – repot, tinggal beli saja kapasitor bank yang biasa digunakan untuk audio mobil sekalian dengan pemanasangannya. Tentu kita tidak bisa percaya dengan angka farad yang cukup besar besar yang tertulis di kapasitor bank. Elco kapasitor juga digunakan pada produk – produk yang diklaim dapat menghemat bbm pada mobil. Ya kalau dibongkar produknya, hanya berisi kapasitor yang tidak terlalu besar, atau dirasa kurang memberikan efek yang signifikan. Contoh jika memasang elco kapasitor dc 200.000 mf pada mobil, akan terasa tarikan mobil yang lebih enteng dikarenakan beban alternator terbantu oleh daya yang disimpan secara cepat oleh elco kapasitor, itulah mengapa elco kapasitor dapat menghemat pemakaian bbm dan mazda yang telah menggunakan skyactive juga menggunakan sejenis kapasitor di mobilnya.

Lalu bagaimana jika mengganti baterai aki dengan baterai jenis Litium ?

Saat ini penggunaan baterai jenis litium memang sudah banyak, terutama pada mobil – mobil listrik yang tenaga utamanya dari listrik yang tersimpan dibaterai, tentu memerluhkan daya penyimpanan yang besar, hingga ratusan kw ( kilowatt ). Seperti mobil listrik Tesla yang ada model produknya menggunakan baterai litium yang mampu memberikan daya hingga 100kw. Selain itu mobil listrik tidak cocok menggunakan baterai mobil biasa dikarenakan umurnya akan jadi sangat pendek, karena untuk mobil – mobil konvensional baterai aki hanya digunakan untuk keperluan starter mobil, setelah mobil hidup, hampir semua kebutuhan kelistrikan di mobil di suplai oleh alternator atau dinamo cas ( charge ). Itu mengapa aki mobil biasa tidak boleh digunakan lebih dari 50% kapasitasnya agar umur pakainya lebih awet. Oleh karena itu ada tipe baterai yang dapat digunakan hinga kandas dan diisi kembali dayanya tanpa mempercepat umur pakainya seperti baterai yang banyak digunakan pada pembangkit listrik tenaga solar, walaupun saat ini sudah bergeser dan banyak yang menggunakan baterai jenis litium. Jika benar – benar ingin menggunakan baterai jenis litium, sebaiknya membeli yang sudah jadi jika belum ada pengalaman merakit baterai 18650 menjadi baterai litium mobil, karena resiko meledak jika pengecasan pada tiap cell baterai tidak balance, dengan menggunakan BMS.

3 comments:

  1. sekarang sudah ada kapasitor 5000F ukurnanya hanya beberapa cm saja mas , gak perlu tembaga satu lapangan mas, cek di alibaba, aliexpress dan tokopedia, supar capasitor atau ultra capasitor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya anda memahami dulu beda capasitor atau capasitor bank dgn super capasitor hehehe

      Delete