Sitemaps

Wednesday, June 15, 2016

Nissan consult

ECU cefiro a31 tidak support baca consult


Sering lihat tuner tuning dengan lappienya keren yak, akhirnya browsing-browsing dan nemu consult nissan 14pin buat gtr dengan harga murah.

r32 a32 consult 14 pin

nissan gtr r32 cefiro a32 nissan consult 14 pin

Dan setelah dibeli, ternyata tidak bisa digunakan di cefiro a31. Browsing - browsing lagi dech. Dan ternyata ecu a31 tidak support consult beginian. Juga nemu cara manual si, langsung sambung kabel ke ecunya, tapi tidak berani saya lakukan, karena keterbatasan ilmu, dan tidak berani coba coba belum punya ecu cadangan soalnya. Bentuk port di cefiro pun berbeda, saya belum tahu, apa untuk disambung dengan alat diagnostic atau lainya.

port consult nissan cefiro a31

Batal dech keren - kerenan ngoprek motuba pake laptop.


Tuesday, June 14, 2016

Ngoprek Shock depan A31 Part 2

Shock absober depan nissan cefiro a31 part 2


Akhirnya pesan lagi shock depan yang untuk cefiro a31, dan barang yang dipesan pun datang, dan merk tokico lagi, dan kali ini oil type. Karena di katalog tokico cuma ada satu tipe yang untuk a31 dan itu tipe oli, bukan gas. Dimana kalau tipe oli as shock bila ditekan tidak akan kembali memanjang.


tokico front shock nissan cefiro a31

tokico cefiro a31 nissan
tokico a1062/63

Kode shock yang datang sesuai dengan katalog, tinggal pasang.

tokico for nissan
katalog tokico

original front shock absober nissan cefiro a31
Perbandingan dengan shock ori


Karena saya masih newbie dalam dunia peredam getaran, akhirnya saya gagal memasang per atau spring ke shock dengan hanya mengandakan  sepasang treker atau spring compressor berkuku satu, dan itupun pinjaman dari om apis. Entah dikarenakan per yang lumayan besar atau memang sayanya yang tidak ahli, treker terus terusan terlepas dari per dan tentu sangat membayakan. Akhirnya saya beli lagi sepasang treker dengan 2 kuku, jadi lebih aman, dan akhirnya per pun terpasang.

per shock depan nissan cefiro a31
Per telah berhasil dipasang

Sebelum memasang kembali shock ke cefiro, saya memutuskan untuk bersih-bersih dan mencat dengan cat semprot dan flintkote bagian yang terkelupas agar terhindar dari karat dan keropos.

cat flintkote
bagian yang terkelupas di bersihkan dan dicoating ulang

Dan shock breaker pun terpasang lagi tanpa kendala. Nantikan review dari shock ini.








Monday, June 13, 2016

Pemasangan CAI ( Cold Air Induction ) di motuba Cefiro

Cold Air Induction ( CAI )


Iseng-iseng pengen masang cai dimotuba agar tarikan lebih makyus dan jos. Tujuan dari pemasangan cai adalah untuk memberikan mesin asupan udara dingin dari dalam cabin yang mendapat udara ac. Jadi jika ac sangat dingin, maka udara yang tersedot ke intake juga dingin, dan meningkatkan power. Karena udara yang dingin lebih padat dan bisa membuat pembakaran pas pada saat pengapian, bukan sebelum pengapian atau gejala gelitik.

Bahan - bahan untuk memasang cai bisa didapat di toko-toko teknik atau toko yang menjual perlengkapan pnumatik.

cai

filter bensin carry

Bahan - bahan yang diperluhkan
  1. selang PU 10mm 2 meter
  2. silincer atau peredam bisa pasang 2 silincer untuk hasil yang lebih maksimal
  3. sambungan silincer ke selang PU
  4. Filter bensin carry
  5. Cabang
  6. klem dan kabel tie
Cara pemasangan
  1. pasang selang PU dari ruang mesin ke kabin
  2. tentukan posisi yang akan dibuat sebagai tempat masuk udara dingin di intake
  3. Jika melalui selang pcv atau isc gunakan cabang
  4. filter bensin dipasang di dalam kabin setelah silincer
  5. cari ruang yang tepat agar cai tidak kelihatan dan rapih


Perlu diingat jika ingin memasang selang cai langsung ke intake plenum setelah tb, maka perlu setting dan tentu rpm idle juga akan naik, dan jika settingan silincer tidak tepat, maka bisa juga mengakibatkan ndut ndutan. maka dari itu jika ingin memasang di intake plenum setelah tb, maka diperluhkan selenoid switch agar cai aktif hanya saat pedal gas diinjak.

Pemasangan cai juga telah kita lakukan di mobil timor dan hasilnya memuaskan menurut empuh yang punya. Selain lebih bertenaga, juga irit.


Yang saya rasakan dari efek pemasangan cai di cefiro a31 saya adalah tarikan lebih rensponsif dan tentu untuk mencapai redline tidak butuh waktu lama. Cai adalah alternatif bagi yang tidak ingin repot membuat water injection atau membeli water injection kit yang mahal. Tentu ada uang ada rupa, jika ditanya lebih bagus mana cai dan water injection, masing - masing punya kelebihan dan kekurangan.

Friday, June 10, 2016

Ngoprek Shock depan A31 Part 1

Shock absober depan nissan cefiro a31 

Kenyaman mengendarai a31 harus terganggu dengan matinya shock breaker depan yang disinyalir mokat bersamaan. Karena kedua shock depan sudah mengeluarkan oli. Ketahuan saat ngoprek kaliper biar tidak berisik saat jalan.

sock absober nissan cefiro a31 bocor
Shock berlumuran oli

Karena shock uda bocor tapi masi di gunakan untuk jalan, maka terasa banget bagian depan mantul ketika ketemu jalan bergelombang dan yang parah carter oli bisa menghamtam polisi tidur kalau tidak pelan banget melewati poldur.

Akhirnya nyari sock di toko toko terdekat, dan ga ada yang jual. Akhirnya pesan ke om iwan untuk shock ori nissan tanpa sensor. Dan ternyata uda kosong, akhirnya tanya tanya ke toko part di Jakarta dan dapat. Kayaba untuk cefiro, dan pada saat barang tiba, ternyata tokico, ngerasa ditipu sih jadinya, dan tidak apa apa. Mikirnya asal bisa plug and play. Sebelum pasang saya cek kode di shock dengan kode B3102 untuk kanan dan B3103 untuk kiri. Dan sesuai katalog dari tokico, kode itu untuk cefiro a32, jadi jelas bukan untuk a31. Tapi penjualnya ngeyel kalau barangnya bisa dipakai di a31. Kode yang benar untuk shock depan tokico adalah A1062 untuk kanan dan A1063 untuk kiri dan hanya ada tipe oli. 


sok depan tokico untuk nissan cefir a32
shock yang dikirim


DIY bongkar sok di rumah dan ternyata per sok mulai karatan karena dikasi selang oleh pemilik terdahulu. Pelajaran penting, jangan memasukan selang ke dalam per sok jika tidak ingin per anda patah karena karat. Berbahaya. Akhirnya per di restorasi saja dulu. Setelah shock diturunkan, selanjutnya kita akan buka pernya dengan menggunakan alat yang biasa disebut treker. Jika belum biasa menggunakan alat ini harap hati hati dan pelajari cara penggunaanya, karena sangat berbaya, treker bisa lepas dari per yang ditekan dan dapa melukai.

shock depan ori nissan cefiro a31
Shock setelah diturunkan


per depan nissan cefiro nissan a31
Melepas selang yang membungkus


sok ori cefiro a31
Sok ori yang sudah 20an tahun akhirnya jebol


per depan nissan cefiro a31
Restorasi per


Dan ternyata, sama sekali tidak cocok untuk a31, per depan a31 besar, tentu saja tidak akan pas di kedudukan per yang kekecilan, kita hubungi penjual dan dikasi solusi di roll pernya, yang benar saja. Selain per yang tidak cocok ternyata as sok juga lebih panjang, hingga tidak bisa dipasang di a31. Dan akhirnya saya putuskan untuk meretur dan rugi di ongkir.



sock tokico nissan cefiro a32
per tidak muat di mangkuk sock

Shock yang kepanjangan
Bersambung