Sitemaps

Wednesday, November 25, 2015

Late midnight ngoprek daihatsu charmant dengan motuba pekanbaru

Kegiatan kopdar selain ngopi, kita juga ngoprek dan test run motuba. Kali ini motuba milik om Adit yang mendapat sentuhan dingin mekanik balap owner dari TimorBiru ( tibi ).

Walau masi belum perfect karena masi sedikit pincang akibat ada part pengapian yang masi trouble tapi tenaga dari mesin sudah sangat terasa.

Silahkan nonton videonya.

Video test run setelah ngoprek : https://youtu.be/8gUToMAFS54

Review Xiaomi Redmi Note 2 Prime

Review 


Kali ini kita tidak membahas mobil, tapi smartphone, kebetulan saya baru memakainya seminggu, barang kali teman-teman lagi mencari referensi dan info dari pemakaia, here we go.

Untuk spesifikasi, Redmi Note 2 Prime ( Reno 2 Prime ) termasuk gahar, dengan octacore 2.2Ghz (2.16Ghz -cpu-z ) RAM 2 GB dan ROM 32 GB, HH satu ini belum terasa lagnya sama sekali, karena ROMnya sudah cukup besar buat saya, maka saya pun tidak menggunakan kartu memory external, supaya prosesnya makin cepat.

Seminggu pemakaian begini kira-kira penilaian saya :

Plus : 

1. Kinerja sangat bagus.
2. Layar sangat jernih dan saya tidak pasang antigores, sepertinya sudah antigores.
3. Sudah support OTG ( On the Go ).
4. 4G-nya kencang.
5. Kamera depan yang sangat bagus menurut saya, cocok untuk yang hobby selfi.

Cons : 

1. Battery cepat habis karena LCD dan spek yang gahar
2. Kameran belakang kurang karena masi menggunakan bukaan f 2.2 kurang bagus di low light

Solusi untuk batery yang kurang tahan adalah membeli batery cadangan + dockingnya.


Hasil Foto dengan Reno 2 Prime

review redmi note 2 prime

review redmi note 2




Wednesday, November 18, 2015

Perbandingan sistem penggerak FWD vs RWD vs AWD

Komparasi perbandingan sistem penggerak FWD RWD dan AWD

Terlepas dari teknologi yang digunakan, kita akan melakukan pembahasan secara basic, karena dengan teknologi kekurangan-kekurangan pada masing-masing sistem penggerak dapat diminimalisir, seperti understeer pada FWD dan oversteer pada RWD. Mari kita ulas satu persatu.

FWD ( Front Wheel Drive )


Sistem penggerak roda depan, dimana roda depan yang menggerakan mobil untuk melaju.

komparasi fwd vs rwd vs awd

Sistem penggerak depan yang banyak dianut mobil-mobil yang beredar di Indonesia mulai dari sedan sampai suv pun ada yang menganut sistem penggerak roda depan FWD.

Lantas apa kelebihan sistem ini sehingga pabrikan banyak mengadopsi sistem ini?
Dari sisi biaya produksi, tentu mobil dengan sistem penggeran FWD lebih irit biaya produksi, karena tidak diperluhkan lagi gardan belakang dan semua hal penunjang penggerak belakang. Dari sisi efisiensi tenaga mesin, sistem FWD memungkinkan tenaga mesin langsung disalurkan ke roda tanpa kehilangan tenaga atau power loss seperti mobil RWD yang terdapat powerloss karena harus menstransfer tenaga ke gardan belakang melalui driveshaft.

Sudah bahas kelebihannya, nah sekarang kekurangannya apa? untuk sistem penggerak depan yang teknologinya masi sederhana, seperti tidak ada traction control, kekurangan sistem penggerak roda depan hanya akan terasa ketika melaju dengan kecepatan tinggi dan melewati tikungan, apabila roda depan kehilangan traksi maka driver akan kehilangan kendali dari steer, dan biasanya mobil tetap akan melaju lurus walau steer sudah dibelokan. Ini disebut understeer dan jelas lebih berbahaya dari oversteer.

Dengan power mesin yang sama, mobil FWD lebih unggul ditarikan awal dibandingkan dengan mobil RWD. Jadi siapa bilang mobil FWD tidak bisa untuk sport, kebanyakan drag car Indonesia berpenggerak depan.

Untuk daily use atau harian, mobil FWD sangat cocok karena keiritannya, tapi untuk pemeliharaan, kaki-kaki depan butuh perhatian lebih karena bekerja dengan beban 2x lipat dari mobil penggerak belakang.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti gejala understeer, maka menjaga kecepatan dijalanan licin dan tidak menggunakan ban depan yang sudah tidak layak pakai adalah pilihan yang bijak.

Biasanya cara paling gampang untuk mengetahui sebuah mobil bersistem penggerak FWD dilihat dari posisi mesin, jika mesin membujur biasanya berpenggerak depan atau bisa juga AWD ( all wheel drive ). Dan posisi mesin melintang juga bukan jaminan mobil itu berpenggerak belakang ( RWD ).
 

RWD ( Rear Wheel Drive )


Sistem penggerak roda belakang yang juga banyak terdapat dimobil-mobil sedan hingga suv.


Sistem penggerak belakang dengan posisi mesin di depan ( Front Engine Rear Wheel Drive ) tidak banyak ditemui untuk kelas sedan, sedan kelas premium pun ada yang menggunakan sistem penggerak depan. 

Kelebihan sistem ini terdapat pada handling yang lebih baik karena hampir jarang kejadian understeer terjadi pada mobil berpenggerak belakang. Walaupun masi ada oversteer ( ban belakang kehilangan traksi) masi dapat diatasi dengan mengedalikan steer pada kecepatan tinggi. Jadi jelas understeer lebih berbahaya daripada oversteer.

Dengan pembagian tugas roda belakang memberikan daya dorong dan roda depan sebagai pengedali arah, tentu kaki-kaki pada mobil RWD sedikit lebih awet ketimbang mobil FWD. Mobil RWD juga jarang kehilangan traksi di jalanan menanjak yang licin, kecuali bannya sudah aus.

Untuk sedan RWD ruangan penumpang belakang akan lebih sempit ditengah dikarenakan adanya drivesaft penghubung antara mesin dan gardan, 

Sedan sport biasanya kebanyakan mengadopsi sistem RWD karena tenaga mesin yang besar gejala spin di ban belakang tentu bukan masalah. Sedan RWD sangat cocok untuk olaraga drifting. Dan ada yang mengatakan sedan RWD lebih fun to drive.

Kekurangan mobil RWD biasanya lebih berat daripada mobil FWD dikarenakan lebih banyak sistem penunjangnya seperti drivesaft (as kopel ), gardan dll.


AWD ( All Wheel Drive )





Sepertinya sudah tidak perluh dibahas sistem penggerak AWD karena sudah pasti mobilnya lebih mahal dari tipe yang sama, FWD maupun RWD. Keunggulan AWD ada di akselerasinya, karena tenaga mesin didistribusikan merata di keempat bannya.

Untuk yang gemar off road atau terpaksa off road atau melintasi jalan yang licin, tentu mobil berpenggerak AWD sangat nyaman dan aman, karena resiko slip atau kehilangan traksi sangat kecil. Jika ada satu ban yg kehilangan traksi masi ada 3 ban lagi yang melakukan tugasnya.

Untuk sport seperti Dragrace sedan AWD sangat cocok karena kelebihan di akselerasi yang lebih bagus tadi. 

Kesimpulan ? Mana yang lebih bagus FWD RWD atau AWD, jawabannya tergantung kebutuhan dan kemampuan finansial.

Sekian semoga dapat mencerahkan.


Tuesday, November 17, 2015

Buku Owner Manual Nissan Cefiro A31

Tak kenal maka tak sayang, untuk mengenal mobil yang dimiliki, keberadaan buku manual tentau sangat penting, karena kita bisa tahu, segalah sesuatu yang mendasar tentang mobil kita.

Sudah googling untuk mencari buku kitab suci pemilik Nissan Cefiro? tapi tidak ketemu? tenang kali ini saya akan membagikan gratis, silahkan di download.


Buku Owner Manual Nissan Cefiro A31


Link Download : http://bit.ly/1S1nvC6

Buku manualnya berhasa indonesia yang saya scan langsung dari buku manual yang saya punya.

buku manual service nissan cefiro a31




Kesan pertama dengan Cefiro

Wednesday, November 11, 2015

DIY membuat rangkaian pembersih injektor sederhana

Injector Cleaner


Mobil nyendat nyendat ndut ndutan atau brebet bisa juga karena injektor yang kotor, nah bagi yang suka DIY saya share rangkaian pembersih injektor yang sederhana dan murah meriah banget.

Bahan-bahan yang diperluhkan :

1. Batery 9volt 1 buah
2. Swith on/off 1 buah
3. Dinamo bekas printer (canon ip2770) 1 buah
4. Lem besi epoxy sepasang
5. Magnet model kancing neodymium 1 buah
6. Kabel secukupnya
7. Reed switch atau switch magnet 1 buah
8. suntik 10ml 1 buah
9. selang bensin 15cm
10. jepit buah kecil 2 pasang
11. Penghubung kabel seperti di video
12. Cairan Injektor Cleaner
13. Toples bekas.

Cara kerjanya adalah ketika rangkaian on, maka dinamo akan berputar dan membuat magnet yang ditempel di sala satu sisi gear dinamo berputar, ketika magnet berputar dan berada dekat reed switch maka injector akan on, dan akan off ketika magnet tadi menjauhi reed switchnya. Sederhana bukan.



Berikut ini adalah diagram rangkaiannya.

injektor cleaner


Dan ini videonya :

Tutorial membuat pembersih injector sendiri




Baca juga :

Carbon cleaner dengan vacuum cleaner


Tuesday, November 10, 2015

Melakukan carbon clean dengan carbon cleaner dan vacuum cleaner di rumah

Carbon Cleaner


carbon cleaner




Adalah salah satu cara untuk membersihkan ruang bakar mesin bensin dengan menggunakan cairan pembersih, cairan tersebut dapat merontokkan deposit-deposit kerak akibat pembakaran. 

Dipasaran banyak dijumpai berbagai produk cairan pembersih, biasanya mereka diberi embel-embel ENGINE CONDITIONER dan harganya mulai dari 50an ribu rupiah. Ingat, pakai engine conditioner ya.. bukan carb cleaner atau semacamnya. 

Cara paling awam yang dilakukan pemilik kendaraan adalah dengan memasukan cairan engine conditioner dan tidak melakukan penyedotan, sehingga cairan dibuang dengan mengandalkan rpm meisn yang tinggi, cara ini sebenarnya dapat merusak catalyst yang terdapat pada mobil modern, dan juga dapat merusak sensor-sensor, seperti sensor o2. 

Tahapan melakukan carbon cleaner dengan aman

1. Sediakan 2 botol engine conditioner, bisa satu botol kalau ukurannya besar.
2. Persiapkan alat-alat seperti kunci busi, carb cleaner untuk membersihkan busi, dan alat penyedot dari vacuum cleaner yang telah dimodifikasi sedikit.
3. Panaskan mesin hingga suhu kerja mesin.
4. Lepaskan kabel busi dan lepaskan busi dari lubang busi.
5. Masukan cairan engine conditioner ke dalam lubang busi hingga busa keluar.
6. Tunggu 5-10 Menit, dan sedot cairan yang telah dimasukan tadi.
7. Pasang kembali busi dan kabelnya, hidupkan mesin.
8. Rev mesin di 3000rpm sampai asap putih dari knalpot hilang.
9. Carbon cleaner selesai dan mesin pun lebih bertenaga.


Berikut video carbon cleaner bersama motuba Pekanbaru




Tidak perluh alat yang mahal untuk melakukan carbon cleaner dengan aman, Anda pun bisa melakukannya sendiri. Silahkan membagikan cara ini dan mencobanya.

Carbon cleaner sebaiknya dilakuan setahun sekali bila masi menggunakan bbm jenis premiun yang kadar sulfurnya tinggi dan setelah melakukan carbon cleaner, melakukan pergantian oli dan filternya agar mesin kembali ke performa awal. Mesin bertenaga irit pun datang.